Tuesday, June 5, 2018

step by step penggunaan aplikasi SIPADES -1

Sipades-Kemendagri
Gambar: Aplikasi Sipades Kemendagri
Aplikasi SIPADES (Sistem Informasi Aset Desa) merupakan aplikasi implementasi dari Regulasi atau aturan yang mengatur Desa dalam hal Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa dan merupakan turunan dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Aset Desa. Aplikasi SIPADES merupakan aplikasi yang dirilis Kementerian Dalam Negeri dan mulai diuji cobakan dan diluncurkan pada tanggal 8 Mei 2018 di Jakarta.
Disini akan kami sampaikan panduan tahap demi tahap penggunaan aplikasi SIPADES, tapi yang akan kami uraikan pertama adalah tahap perencanaan Aset Desa, perlu diketahui dalam penggunaan aplikasi ini disesuaikan dengan regulasi atau peraturan tentang Aset Desa (Baca: PMDN Nomor 01 Tahun 2016), yaitu mulai dari :
1. Perencanaan Aset Desa, 
2.Pengadaan Barang
3. Register Kode Barang
4. Pengelolaan Barang, yang terdiri dari :
    a. Penggunaan aset
    b. Pemanfaatan aset
    c. Penghapusan aset
Tapi sebelum ke empat tahapan dimaksud, ada beberapa hal yang harus diinput oleh Desa, diantaranya data Perangkat Desa, dan Data Inventaris Barang, sebelum melangkah kesana ada yang harus dilaksanakan sebelum menggunakan aplikasi aset dimaksud sebagaimana diuraikan dibawah ini :
1. Jalankan aplikasi yang sudah diinstal dimaksud dengan klik dua kali jika berada di desktop seperti gambar dibawah ini :
SIPADES-ASET DESA

2. Masukan Username dan Password Desa yang diberikan ketika instalasi aplikasi dan generate kode wilayah desa berdasarkan Permendagri 137 Tahun 2017 tentang kode wilayah Desa, seperti gambar berikut :
SIPADES-ASET DESA

3. Setelah login, dan masuk di aplikasi klik menu File >>> Perangkat Desa untuk Entry Data Perangkat Desa.
SIPADES-ASET

4. Klik Tambah untuk entry nama Kades, Sekretaris Desa dan yang lainnya, serta untuk khusus Kepala Urusan Umum dan Tata Usaha harus dicentang untuk menjadikan sebagai pengurus barang, seperti contoh dibawah ini :
SIPADES-ASET

5. setelah selesai di entry jangan lupa untuk klik simpan dan tutup menu perangkat, tapi untuk khusus Kaur Umum dan Tata Usaha harus dicentang untuk menetapkan sebagai pengurus barang, seperti contoh digambar.
SIPADES-ASET

Demikian Panduan step by step penggunaan Aplikasi SIPADES, untuk selanjutnya akan diuraikan ke Menu Berikutnya yaitu entry inventaris Barang, semoga membantu dan bermanfaat.

7 comments:

Dapatkan comment widget ini di sini