//")!=-1){ s[i] = s[i].substring(s[i].indexOf(">")+1,s[i].length); } } strx = s.join(""); } chop = (chop < strx.length-1) ? chop : strx.length-2; while(strx.charAt(chop-1)!=' ' && strx.indexOf(' ',chop)!=-1) chop++; strx = strx.substring(0,chop-1); return strx+'...'; } function createSummaryAndThumb(pID){ var div = document.getElementById(pID); var imgtag = ""; var img = div.getElementsByTagName("img"); var summ = summary_noimg; if(img.length>=1) { imgtag = ''; summ = summary_img; } var summary = imgtag + '
' + removeHtmlTag(div.innerHTML,summ) + '
'; div.innerHTML = summary; } //]]>

Sunday, March 24, 2019

Review dan Panduan Aplikasi EPDeskel Online

Aplikasi EPDeskel Online adalah aplikasi yang dirilis dan dibuat oleh Kementerian Dalam Negeri, aplikasi ini merupakan manifestasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa , aplikasi ini menggunakan basis web sehingga data yang ditampilkan adalah data real atau data saat ini yang bersifat realtime, kemudahan aplikasi ini bisa diinput kapan, dan dimana saja selama ada jaringan internet. Aplikasi EPDeskel ini bisa di akses melalui PC atau perangkat mobile. Aplikasi ini menggunakan data base sql dan bahasa pemrograman menggunakan php, karena berbasis web. Dalam aplikasi EPDeskel ini pun telah disesuai dengan ketentuan PMDN 81 Tahun 2015 yang mana ada 3 indikator yang harus diinput dalam aplikasi ini, yaitu indikator Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan, seperti yang ditampilkan dalam gambar dibawah ini :



Aplikasi ini dapat diakses menggunakan web browser, baik web browser yang berbasis Windows (microsoft edge, Mozzila firefox, google chrome, UC browser, Opera dll) atau berbasis  Linux, atau bahkan ios sekalipun (Safari), tapi untuk performa kinerja aplikasi ini mimin rekomendasikan menggunakan google chrome dan mozzila firefox.
Untuk mencoba aplikasi ini bisa dibuka di web browser, ketikan di web addressnya : http://epdeskel.kemendagri.go.id . seperti tampilan dibawah ini :




Mimin pun dibawah ini akan coba mereview aplikasi ini bagaimana langkah atau step by step menggunakan aplikasi ini, tapi sebelum kita mencoba login dan menginput di aplikasi ini ada baiknya kita juga membuka lampiran Permendagri Nomor 137 Tahun 2017 tentang kode wilayah Desa dan Kelurahan Tahun 2017, karena kode PUM tersebut nantinya akan digunakan sebagai user untuk login di aplikasi tersebut. Untuk mudahnya disini mimin coba share lampiran PMDN 137 Tahun 2017 untuk wilayah Jawa Barat.


Kalau udah dapat kodenya kita ikuti langkah dibawah ini untuk input di aplikasi EPDeskel, gunakan kode wilayah spt dibawah ini sebagai user untuk login :

misal spt dlm gambar 32.18.07.2001, gunakan sebagai login dengan user : 3218072001, dan password default : 1234, ganti password untuk keamanan data. untuk langkahnya sebagai berikut :
1. Setelah dibuka aplikasi browser dan sudah terkoneksi dengan internet, dan sudah mengetikan alamat di web address http://epdeskel.kemendagri.go.id, kita akan di arahkan ke menu login seperti di bawah ini :

2. Setelah login kita akan masuk ke tampilan awal menu Desa/Kelurahan dan kelebihan aplikasi ini kalau kita login dengan akun desa maka kuisioner pun akan disesuaikan dengan kuisioner desa tapi kalau kita login sebagai kelurahan maka kuisioner pun akan sesuai dengan jenis pemerintahannya, berikut ini tampilan awal setelah login.

3. Setelah kita masuk atau login di aplikasi kita diharuskan meng klik menu Pengaturan untuk input Data Umum Desa dan SOTK Desa, seperti dalam tampilan gambar dibawah ini :
Data Umum Desa

Data SOTK Desa


4. Jika input data umum dan SOTK Desa selesai, kita bisa memulai input data tentang Evaluasi Perkembangan Desa dengan mengklik Menu Entry Data, sebagaimana gambar dibawah ini :

5.Klik Menu Tambah yang berwarna biru untuk memulai input data, kemudian pilih Tahun untuk mengisi data tahun berapa yang akan diisi,

6. Klik Indikator yang disamping kiri untuk mengisi indikator mana yang akan pertama kali kita input, setelah di klik indikatornya kita akan diarahkan untuk mengisi kuisioner yang ada dengan cara klik tombol "Radio button" artinya kita hanya tinggal memilih, sebagaimana dalam gambar dibawah ini :



Daftar Pertanyaan atau Kuisioner EPDeskel PMDN 81 Tahun 2015


Demikian uraian singkat mengenai aplikasi EPDeskel Online Permendagri 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa, untuk detilnya akan coba mimin bahas kembali tiap Indikator, Subindikator dan Kuisioner serta menu-menu lainnya yang belum sempat mimin bahas.
Semoga Bermanfaat.

*asden, Fungsional Umum Dinsospmd Kab. Pangandaran, Twitter: aagames12 Instagram:aagames12 Facebook: desaku-berdaya

19 comments:

  1. sangat disayangkan kode beberapa desa masih kosong dan ini mungkin akan jadi masalah pada saat login nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal request kang ka kemendagri

      Delete
    2. password 1234 tidak bisa digunakan, bagaimana?

      Delete
  2. Kangge code wilayah ngangge nu mana pa asden...Japri Bungur Raya

    ReplyDelete
  3. Panyutran teu tiasa login pak?

    ReplyDelete
  4. kok desa saya gak bisa buka ya, kira2 gimana solusinya pak, kode desa saya : 5202072011

    ReplyDelete
  5. Punten dupi kanggo pengisianna kumaha

    ReplyDelete
  6. Sareng abdi cobi login pake kode Desa teu tiasa masuk, pa

    ReplyDelete
  7. Kok tidak bisa input data ya pak.. ikon tambahnya tidak muncul jadj tidak bisa di input. Mohon Penjelasan dan solusinya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di refresh pa, biasanya itu nge-lag database di sever

      Delete
  8. desa di kab. bulukumba sulsel bisa juga yang pak.

    ReplyDelete

Dapatkan comment widget ini di sini