Thursday, September 13, 2018

PENYUSUNAN DESAIN DAN RAB

rab_teknis
Apa itu Desain dan RAB.......?
kriteria atau ciri-ciri sebuah desain dan RAB yang baik.....?

Pengertian Desain
Desain adalah bentuk rumusan dari proses pemikiran pertimbangan dan perhitungan dari desainer yang dituangkan dalam wujud gambar

Pengertian RAB menurut beberapa ahli
J. A. Mukomoko, RAB adalah perkiraan nilai uang dari suatu kegiatan (proyek) yang telah memperhitungkan gambar-gambar bestek serta rencana kerja, daftar upah, daftar harga bahan, buku analisis, daftar susunan rencana biaya, serta daftar jumlah tiap jenis pekerjaan.
Sugeng Djojowirono, RAB adalah perkiraan biaya yang diperlukan untuk setiap pekerjaan dalam suatu proyek konstruksi sehingga akan diperoleh biaya total yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu proyek.

Ketentuan Penyusunan Desain Kegiatan Infrasturktur
Desain atau Gambar Teknis di rancang agar bangunan yang dibangun  sesuai dengan kebutuhan (penggunaan nya) serta  memenuhi syarat keamanan konstruksi, tidak merusak lingkungan sekaligus menjamin efesiensi dalam pekerjaannya.
Catatan:
Desain untuk kegiatan infrastruktur  harus dikerjakan oleh tenaga ahli dan berpengalaman dalam bidang nya, apabila tidak terdapat tenaga ahli untuk membuat desain, desa dapat menggunakan desain yang sudah ada dan telah mendapat legitimasi dari lembaga yang berwenang, misal untuk pekerjaan gedung dapat menggunakan gambar gedung  yang sejenis yang sudah ada atau untuk kegiatan jalan desa dapat mencontoh desain jalan yang dibuat oleh dinas PU Kabupaten.

Langkah-langkah Penyusunan RAB
1. Membuat gambar teknis
2. Menentukan spesifikasi bahan material
3. Membuat rincian daftar perkerjaan yang akan dilaksanakan
4. Menghitung volume pekerjaan
5. Menetapkan harga upah pekerja, tukang dan mandor serta harga satuan bahan dan alat
6. Menghitung analisa harga satuan setiap item pekerjaan
7. Menyusun RAB

No comments:

Post a Comment

Dapatkan comment widget ini di sini