Sunday, July 22, 2018

Panduan Instalasi dan Penggunaan Aplikasi SIA BUMDESA

Bumdes adalah Badan Usaha Milik Desa. Secara sederhana untuk memahami BUMDES, kalau di pusat ada BUMN, di daerah ada BUMD, dan di desa ada BUMDES. BUMDES adalah badan usaha, dengan tujuan mencari keuntungan yang nantinya digunakan sebesar-besarnya untuk kemanfaatan desa dan masyarakat.
BUMDES sudah ada sejak sebelum UU Desa No 6/2014. Tetapi paska UU Desa, BUMDES menjadi semakin strategis. Pendirian BUMDES menjadi Program Prioritas Kementrian Desa di tahun 2017.
Setelah BUMDES terbentuk, maka ada dua entitas (kelembagaan) yang ada di Desa, yaitu pemerintah desa dan BUMDES. Patut dipahami bahwa Pemerintah Desa dan BUMDES merupakan dua kelembagaan yang berbeda. Secara keuangan, ada pemisahan harta antara kekayaan Pemerintah Desa dan BUMDES.

Pengelola BUMDES bukan merupakan bagian dari perangkat desa. Pemilik dalam hal ini diwakili oleh Kepala Desa menjadi Penasehat/Pemilik. Unsur Perangkat Desa dan BPD yang ditunjuk menjadi Pengawas. Pengelola diserahkan ke pihak yang memiliki kompetensi. Pengelola Bumdes adalah orang yang profesional, memiliki keahlian dan jiwa kewirausahaan.
BUMDES jika kedepannya sudah menjadi sebuah lembaga yang profesional dan Bonafid tentunya perlu sebuah pengelolaan keuangan yang bisa dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, dan tentunya memerlukan sebuah aplikasi keuangan yang mumpuni dan dapat diandalkan. Untuk menjawab itu, Pemerintah melalui Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) telah merilis sebuah aplikasi manajemen keuangan BUMDES dengan nama aplikasi SIA BUMDES (Sistem Informasi dan Akuntansi Badan Usaha Milik Desa), dan ini sudah lama dikenalkan ke publik.
untuk sedikit memahaminya, disini admin akan membagikan Panduan Instalasi Aplikasi dan panduan penggunaan aplikasi dimaksud, untuk request aplikasinya silahkan komen di komentar.

Panduan Penggunaan Aplikasi SIA BUMDES


Panduan Instalasi Aplikasi SIA BUMDES

No comments:

Post a Comment

Dapatkan comment widget ini di sini