Saturday, July 28, 2018

Format Dokumen dalam Penetapan dan Penegasan Batas Desa

Ilustrasi : Peta Hasil Penetapan dan Penegasan Batas Desa
Dalam Penetapan dan Penegasan Batas Desa tentunya hal ini akan melibatkan berbagai pihak baik secara langsung maupun tidak langsung, penetapan batas akan melibatkan beberapa desa, kecamatan, kabupaten bahkan provinsi. Tim yang melaksanakan penetapan dan penegasan Desa ini pun secara terstruktur harus dibentuk, mulai dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa. Batas desa menjadi suatu hal yang sensitif karena terkait dengan teritorial yang dikuasai dan dikelola, apalagi jika suatu daerah tersebut memiliki potensi yang dapat memberikan kontribusi bagi Pendapatan Desa, dan jika hal tersebut tidak dilaksanakan secara musyawarah dan melibatkan semua pihak dikhawatirkan dikemudian hari bisa memunculkan konfik horizontal, konflik diantara penyelenggara Pemerintah Desa, untuk menghindari hal tersebut, kiranya harus dibuatkan sebuah dokumen yang menguatkan antara satu pihak dengan pihak yang lainnya dan tidak ada yang merasa dirugikan. 

Dibawah ini admin akan membagikan format-format Dokumen yang dapat digunakan dalam melaksanakan kegiatan Penetapan dan Penegasan Batas Desa, dokumen-dokumen dimaksud diantaranya :

1. Berita Acara Pengumpulan dan Penelitan Dokumen  Batas Desa

2. Berita Acara Pemilihan Peta Dasar

3. Berita Acara Kesepakatan Penetapan dan Penegasan Batas Desa

4. Berita Acara Pelacakan Batas Wilayah Desa Secara Kartometrik

5. Berita Acara Pelacakan Batas Desa di Lapangan

6. Berita Acara Kesepakatan Penegasan Batas Desa

7. Berita Acara Pemasangan Pilar Batas Desa

8. Data Survei Pelacakan Batas Desa di Lapangan

9. Formulir Pengukuran GPS di Lapangan

Note : Dokumen dapat didownload dengan klik nama dokumen yang dibutuhkan.

Demikian semoga bermanfaat dan dapat digunakan pada kegiatan Penetapan dan Penegasan Batas Desa di masing-masing desa. Gunakan etika berinternet, biasakan meninggalkan jejak dengan menuliskan komentar demi keberlangsungan blog ini setelah mendownload semua dokumen dimaksud.

No comments:

Post a Comment

Dapatkan comment widget ini di sini