Sunday, June 24, 2018

Potensi Wisata Desa Kabupaten Pangandaran

Pangandaran merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Barat, Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panorama alam Pantai yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Pangandaran. Pangandaran punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian explore, dan yang jadi menarik sebagian tempat wisata ini dikelola oleh Desa dan dijadikan sumber PADes (Pendapatan Asli Desa) dalam rangka pemberdayaan masyarakat.
Tidak perlu panjang lebar, langsung saja kita intip potensi wisata apa saja yang dapat kita kunjungi : 

1. Jembatan Pongpet Desa Margacinta Kecamatan Cijulang

wisata_desa

Objek Wisata Kampung Budaya terletak di Desa Margacinta Kec.Cijulang Kab.Pangandaran. Tepatnya Dusun Margajaya. Sebagai Ikon utama nya yakni JEMBATAN GANTUNG PONGPET yang kini dikenal dengan nama Jembatan Merpati Pongpet. Fungsi utama Jembatan tersebut adalah jalan utama penghubung antara Dusun Cidawung dan Dusun Margajaya yang kini disulap oleh para pengembang wisata Desa Margacinta menjadil objek wisata alam dan budaya. Dengan sedikit polesan cat warna warni pada jembatan tersebut, dan sedikit hiasan lampion membuat jembatan tersebut menarik para wisatawan untuk berfoto di atas jembatan tersebut. dengan warna tersebut memiliki efek artistik yang menarik.

2. Curug Taringgul Desa Cibanten Kecamatan Cijulang

wisata_desa

Curug Taringgul sekarang menjadi objek wisata baru di Pangandaran. Kalau sudah bosan dengan Pantai Pangandaran atau Green Canyon, Curug Taringgul bisa jadi pilihan baru. Pemandangan Curug Taringgul tidak kalah dibandingkan dengan Green Canyon. Lokasi Curug Taringgul ini terletak di hulu aliran air yang menuju Green Canyon tersebut. Curug Taringgul ini berjarak sekitar 3 kilometer dari tempat parkir Green Canyon.


3. Curug Bojong Desa Sukahurip Kecamatan Pangandaran
wisata_desa

Berlokasi sekitar 15km dari Pangandaran dan berada di Wilayah Desa Sukahurip Kecamatan Pangandaran, Air terjun yang sangat besar ini berlokasi tepat di tengah hutan. Di sini ada beberapa kolam alami dengan air yang sangat bersih dan kamu bisa berenang di dalamnya. Kolam alaminya ada beberapa ukuran dan kedalaman jadi kamu bisa pilih sendiri saja mana yang kamu suka. Di sepanjang air terjun ada sungai lain yang biasa digunakan untuk jalur tubing melewati hutan. Jarak jalur tubing kurang lebih 3 km dan guide bisa jemput kamu di titik akhir sesudah kamu selesai tubing.
wisata_desa

4. Wonderhills Jojogan, Desa Cintaratu Kecamatan Parigi Pangandaran
desa_wisata

Wonder Hill Jojogan adalah destinasi wisata yang berada di Kabupaten Pangandaran yang terletak di Dusun Gunung Tiga Desa Cintaratu, yang bisa di tempuh dalam waktu 30 menit dari pantai wisata Pangandaran. Rute yang dilalui yaitu jalur pangandaran – cijulang, dekat pasar Cibenda tepatnya dipertigaan Panyingkiran terdapat papan petunjuk arah Jojogan .
wisata_desa
spot selfie di Parikota Garden




Mempunyai area yang luas untuk berwisata seperti bodyrafting, river tubing, canyoning, air terjun, taman farikota, farikota heaven side, farikota garden, kedung cilik, camping, atv adventure, batu bodas, sungai sindang melang, sungai banon sari, sirkuit ki jamir, gua karaminan, patapan, ronggeng gunung, gua ciung, sungai jojogan, sungai leuwi panjang, gua lalay, adventure, atv, trail, sepeda downhill, flying fox, offroad, kuliner. Dan lokasi wisata ini dikelola oleh Bumdes Desa Cintaratu Kecamatan Parigi, dan baru di launching potensi wisata ini pada tahun 2016.
Bodyrafting Curug Jojogan
Dan masih banyak spot yang lainnya.


5. Pepedan Hills dan Goa Sutra Reregan, Desa Selasari Kecamatan Parigi Pangandaran

Pepedan Hills
wisata_desa

Terletak di desa Selasari Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran dan menempuh jarak kurang lebih 1,3 jam dari Pangandaran. Akses wisata yang bisa dibilang cukup baik semakin memudahkan para pengunjung untuk mengeksplor Pepedan Hills, serta panorama bukit Pepedan yang terbentang pemandangan hutan hijau dengan pesawahan warga sekitar akan memanjakan pandangan para pengunjung.
wisata_desa

Keunggulan lain yang yang terdapat di destinasi Pepedan Hills ini,  yaitu Bukit selfie yang berbentuk I LOVE U semakin menambah indahnya panorama Bukit Pepedan Hills sehingga tak ingin cepat beranjak dari destinasi tersebut. Eiits tak hanya bukit , di Pepedan Hills juga terdapat Goa alam yang bernama Goa Nyiruan letaknya di bawah bukit sebelah barat daya .

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Pepedan Hills ini adalah sore hari, saaat sore hari para pengunjung bisa menikmati sunset yang indah di atas bukit sembari berselfie ria.
Harga Tiket Masuk :
Tiket : 5000
Parkir : Motor : 2000, mobil : 5000

Gua Sutra Reregan
wisata_desa

Wisata Goa Reregan Berlokasi di desa wisata selasari, kampung salakambang kecamatan Parigi, kabupaten Pangandaran.  Goa Sutra Reregan dapat di tempuh dalam waktu 1 jam perjalanan dari pusat Pemerintahan Kabupaten Pangandaran. Berbatasan langsung dengan Desa Cintaratu di sebelah selatan dan Desa Bangunkarya.


Goa Sutra Reregan sendiri memiliki karakteristik yang unik yaitu stalakmit dan stalaktit yang masih alami, dan ini lah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Sejak dibuka satu bulan yang lalu, pengunjung ke Goa Sutra Reregan semakin ramai, apalagi pada akhir pekan bisasanya dari pagi hingga sore hari pengunjung datang silih berganti.
Goa Sutra Reregan tidak hanya wisata goa yang dapat anda nikmati, namun anda dapat menikmati beberapa spot selfie di atas perahu dengan hamparan hutan yang hijau, dan ada juga beberapa spot lainya yang indah tentunya.


6. Curug Bilik Langkaplancar
wisata_desa

Secara administratif, Curug Bilik berada di Desa Jayasari, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dan berada pada koordinat 7.533039, 108.357015. Kabupaten Pangandaran merupakan salah satu kabupaten baru hasil pemekaran dari Kabupaten Ciamis pada 2012 lalu dan selama ini yang identik dengan Pangandaran adalah wilayah pesisirnya. Tidak banyak yang tahu dan mengeksplore wilayah Kabupaten Pangandaran yang berada di perbukitan. 

Itulah beberapa spot wisata yang ada di Pangandaran dan belum begitu banyak yang meng-explore karena wisata ini hanya dikelola oleh Pemerintah Desa, dan masih banyak lagi spot wisata desa lainnya, dan akan admin bahas dan explore pada potensi wisata Desa II. Semoga bermnafaat, dan jadi pilihan alternatif dalam rangka liburan keluarga yang murah dan hemat.


No comments:

Post a Comment

Dapatkan comment widget ini di sini