Tuesday, May 8, 2018

Perangkat Desa Teladan

Kenapa harus menjadi perangkat desa terbaik? Karena jabatan perangkat desa saat ini termasuk pekerjaan yang menjanjikan. Sehingga banyak masyarakat desa yang berkeinginan menjadi perangkat dan bisa bekerja di kantor desa.
Oleh karena itu jika anda sudah menjadi perangkat desa, maka anda di tuntut untuk menjadi perangkat desa yang baik selaku pelayan masyarakat. Kalau tidak anda sendiri yang akan rugi. Baca artikel Tugas Dan Fungsi Kepala Urusan (Kaur) Pemerintahan Desa.
Masalahnya bukan tidak mungkin perangkat desa itu akan diganti atau dilengserkan . Baik oleh kepala desa maupun masyarakat desa. Apalagi kalau ada orang yang tidak suka kepada kita secara pribadi.Sebagaimana kita ketahui pemerintahan desa saat ini sudah mulai diakui secara nasional oleh pemerintah pusat. Dalam arti di beri hak otonomi untuk mengatur desanya sendiri.
Apalagi ditunjang dengan kucuran dana desa dari pusat yang di berikan setiap tahun. Sehingga anggaran di desa bisa dibilang cukup besar saat ini. Uang nya banyak. Siapa orang nya yang tidak ingin menjadi perangkat desa?
Ilustrasi : Perangkat Desa salam Komando dengan Kasi PMD
Ditambah lagi baru-baru ini ada info angin segar yang katanya pemerintah mau menjadikan perangkat desa itu setara dengan PNS. Tentu bagi masyarakt desa banyak yang menginginkan jabatan perangkat desa tersebut. Bahkan jadi staf desa pun tidak mengapa.
Nah untuk itulah disini kami akan memberikan beberapa tips bagaimana menjadi perangkat desa yang baik agar anda tidak menjadi sorotan dan posisi anda aman serta bisa bekerja dengan nyaman.
Sebelum melangkah kepada hal – hal yang harus dilkakukan agar menjadi perangkat desa yang baik, Sebaiknya anda kenali pula hal-hal yang tidak di sukai dari prilaku para perangkat di desa yang biasanya menjadi kritikan dan sorotan masyarakat.
Berikut ini beberapa hal yang tidak disenangi oleh kepala desa, teman sesama perangkat desa dan masyarakat desa terhadap prilaku para perangkat desa :
1. Tidak Disiplin.
2. Selalu datang terlambat.
3. Lambat dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
4.Ingin tampil lebih mencolok dihadapan kepala desa.
5. Selalu mengukur dan menilai pekerjaan dengan uang.
6, Jarang masuk kantor
7. Kurang ber sosialisasi dengan masyarakat dan tetangga.
8. Tidak ramah di masyakat
Hal diatas hanya bebera contoh saja dari prilaku perangkat desa yang tidak bagus dan perlu di buang jauh-jauh.
Jika anda para perangkat desa merasa memiliki sifat-sifat diatas, maka dari sekarang belajarlah untuk memperbaikinya pelan-pelan.
Karena biasanya prilaku dan perbuatan kita terpengaruh oleh karakter pribadi yang memang sudah melekat. Sehingga sulit untuk di hilangkan.
Seperti yang saya katakan, poin-poin tersebut hanya beberapa contoh saja. Masih banyak lagi hal lain yang terkadang tidak kita sadari bahwa kita sedang di nilai atau menjadi sorotan masyarakat desa.
Sebagai contoh antara lain yang berkaitan dengan gotong royong di desa. Jangan pula anda sebagai perangkat desa malah tidak kelihatan ketika terjadi kegiatan gotorng royog atau kegiatan sosial lainnya di lingkungan anda atau desa anda.
Untuk itu sebagai perangkat desa, anda memang di tuntut harus menjadi perangkat desa terbaik dalam segala hal. Jangan pula mentang-mentang kita bekerja di desa malah kita ingin meraih kekayaan dari jabatan yang kita miliki.
Atau memanfaatkan jabatan yang sedang kita duduki untuk mengeruk keuntungan pribadi dn mengorbankan kepentingan masyarakat dan desa.
Karena orang yang menyoroti atau menilai pekerjaan anda adalah orang-orang terdekat lingkungan anda. Baik itu tetangga, teman dan masyakarat desa umum nya.
Hal ini berbeda jika anda bekerja di kantor dinas Kabupaten misalnya. Biasanya para PNS di kantor dinas itu jarang ada tetangga yang menyoroti pekerjaannya.
Mau rajin, mau korupsi, mau hasil pekerjaan nya tidak berkualitas , atau hanya sekedar kerja duduk-duduk santai di kantor, tak ada tetangga dan masyarakat desa yang peduli dengan pekerjaan anda.
Jadi jika anda ingin menjadi perangkat desa terbaik di desa anda lakukan lah hal-hal berikut ini :
1. Tanamkan Disiplin Kerja dalam diri anda.
2. Datang dan pulang kerja tepat waktu.
3. Segera kerjakan tugas yang di berikan kepada anda. Jangan di tunda.
4. Jika perlu layani masyarakat yang meminta bantuan di luar jam kerja.
5. Bersikap sopan lah terhadap semua orang. Baik kepala desa, sesama teman perangkat desa dan tentunya kepada masyarakat desa.
6. Ikuti semua kegiatan sosial di desa. Seperti gotong royong, mengunjungi orang sakit, datang ke tempat orang meninggal dunia, dan lain-lain.
7. Selalulah jadi orang pertama yang peduli jika terjadi musibah di desa. Seperti kebakaran, banjir, ada kemalingan dan lain sebagainya.
8. Jangan menilai atau menghargai semua pekerjaan anda dengan uang. Khususnya untuk pelayanan masyarakat.
9. Jangan mengharapkan uang tambahan yang bersumber dari keuangan desa. Jika memang harus mencari tambahan penghasilan, carilah yang sumbernya tidak dari keuangan desa.
10. Hargailah sesama teman perangkat desa.
11. Jangan cari muka di depan kepala desa agar kita dianggap perangkat yang lebih baik dari yang lain.
12. Selalu lah ber silaturrohmi dengan tetangga dan penduduk desa. Khususnya yang tingkat ekonominya rendah.
13. Jika anda muslim, rajinlah sholat berjamaah ke Mesjid. Tapi dengan niat ikhlas tentunya. Bukan ingin di anggap baik dan alim oleh masyarakat.
14. Tanamkan sifat sabar dalam melayani dan menghadapi masyarakat. Karena terkadang ada masyarakat yang emosional atau selalu memandang kesalahan orang lain.
15. Selalu tersenyum jika berhadapan dengan masyarakat.
Dan masih banyak lagi hal-hal lainnya yang perlu anda jaga dan anda terapkan jika ingin menjadi perangkat desa yang terbaik. Intinya perbaikilah sifat dan sikap anda serta instrospeksi diri.
Apakah masyarakat sudah puas dengan kinerja dan pelayanan anda? Apakah Kepala Desa sudah merasa terbantu dengan tugas yang sudah anda selesaikan? Apakah anda sudah bersikap baik dan adil trehadap sesama teman perangkat dan staf di kantor desa?
Mungkin jika anda memiliki tips lainnya yang perlu dilakukan perangkat desa, bisa anda tambahkan dalam kolom komentar di bawah tulisan ini.
Jika tulisan ini bermanfaat jangan lupa Like Fan Page Facebook Pedekik.Com yang ada di sidebar blog ini atau di bagian bawah blog. Dan bagikanlah artikel ini kepada teman-teman anda sesama perangkat desa.
Ilustrasi : Perangkat Desa Berdesa dengan Kasi PMD
Bagi kepala desa, perlu juga merekomendasikan artikel ini kepada para perangkat desa nya agar bawahan anda memahami bagaimana menjadi pelayan masyarakat yang baik selaku perangkat di desa.
Selain itu sebagai perangkat desa anda juga harus tahu tentang Permendagri No. 67 Tahun 2017 Tentang Perubahan Perangkat Desa.

4 comments:

Dapatkan comment widget ini di sini