Monday, May 14, 2018

Langkah mudah Cara Bikin Blog atau Website Desa

Blog atau website sekarang bukan sesuatu hal yang mustahil kita miliki, hanya dengan beberapa langkah saja kita sudah bisa memiliki sebuah web/blog. meskipun web atau blog yang kita bangun bukan sesuatu yang profesional, karena platform yang digunakan disini hanya menggunakan platform yang mudah digunakan dan dipelajari.
Kemudian, kebutuhan akan web/blog bagi Desa saat ini menjadi salah satu keharusan atau kewajiban Pemerintah Desa untuk memiliki sebuah media Informasi yang bisa diakses oleh khalayak umum, selain sebagai transparansi penyelenggaraan pemerintahan desa, juga bisa digunakan sebagai media informasi atau promosi potensi dan produk unggulan desa, hal ini sudah tertuang dalam Pasal 86 UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan pada pasal 40 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. 
Kembali pada cara membikin blog, disini penulis akan menuntun langkah yang paling mudah, dan disini saya contohkan menggunakan Platform Blogspot yang merupakan produk google, sebetulnya banyak platform yang bisa digunakan untuk pembuatan website atau blog ini, yaitu ada Blogspot, ada Wordpress, ada joomla, ada drupal dll. tapi disini saya akan menuntun rekan-rekan dengan menggunakan platform yang mudah diikuti dan dilaksanakan, langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Buka brwoser anda baik itu Intenet Explorer, Mozzila Firefox, google Chrome atau yang lainnya, tentunya komputer atau lapie anda juga harus terkoneksi dengan internet, masa harus offline ga akan kebuka tuh web hehehe
2. ketikan alamat web di addres bar http://blogger.com,

3. kemudian anda akan di arahkan ke menu login, silahkan saja login dengan menggunakan akun gmail anda, setelah terbuka ikuti langkah berikutnya.
4. Setelah anda login dan sudah masuk ke akun blog anda, anda akan di arahkan pada halaman berikut , klik create blog untuk memulai membikin blog/website.

5. setelah di klik, akan diarahkan pada halaman tentang identitas blog, mulai dari nama blog, alamat blog, dan template atau tema yang akan dipilih apa?

6. terakhir setelah identitas selesai di pilih dan di input, kita akan diarahkan ke halaman untuk bikin postingan artikel atau foto bahkan video pertama, tinggal kita kasih judul, kasih label, lalu diposting, maka taraaaa blog/website kita telah selesai dibuat.

Demikian postingan atau langkah pembuatan web atau blog secara singkat, untuk selanjutnya tinggal anda pelajari dan ikuti langkah-langkah yang ditampilkan pada halaman help di blogger.
so mudahkan cara kita membuat blog/website, untuk selanjutnya akan saya tuntun bagaimana langkah agar blog/website kita menggunakan TLD (Top Level domain) dotcom, dotid,dot desa dot id atau yang lainnya.
akhirnya semoga postingan ini bermanfaat.

3 comments:

Dapatkan comment widget ini di sini